Selasa, 21 Maret 2017

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes

Makanan Yang  Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes - Diabetes mampu dikendalikan dengan cara mengadopsi pola hidup yang sehat dan seimbang. Diantaranya dengan memperhatikan pola makan atau diet sehari-hai, yang termasuk membatasi atau menghindarisebagian makanan yang dapat memngakibatkan lonjakan gula dalam darah.
Makanan Berminyak
Hal ini dilakukan sebab level gula darah tetap stabil dan juga mencegah komplikasi akibat diabetes, yang bisa berkembang saat kadar glukosa dalam darah tidak terkontrol.

Makanan yang bisa mengandung gula dan lemak lebih baik dihindari apabila anda menderita diabetes, dan sebab itu banyak makanan yang sebaiknya anda hindari.

Makanan Yang Harus Dihindari oleh penderita diabetes

Bukan hanya gula, penderita diabetes pun harus memperhatikan asupan karbohindrat yang dikonsumsi. Begitu pula halnya dengan makanan yang berkolesterol tinggi, sebaiknya dihindari. 

1. Makanan Yang Kaya akan Gula 

Makanan yang kaya akan gula aalah musuh utama dari orang yang menderita diabetes. Sebab makanan dengan kadar gula yang tinggi sangat membahayakan penderita diabetes.

Makanan-makanan ini tersebut akan menyebabkan kenaikan kadar gula dalam darah, sehingga tidak mengherankan apabila sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. 

Apabila tidak bapat menghidari makanan ber gula, anda bisa memilih makanan yang kadar gula nya minimal. Konsultasikan ke dokter agar mendapat saran dan tips mengontrolnya.

2. Makanan Berkolesterol tinggi

kondisi diabetes mengakibatkan kadar kolesterol baik menurun. Hal ini menyebabkan penderita diabetes rentan terserang penyakit akibat kolesterol tinggi, khususnya penyakit jantung sebab kadar kolesterol yang tinggi bisa mengembangkan plak di dinding arteri.

Oleh karena itu beberapa jenis makanan yang berkolesterol tinggi seperti kuning telur, produk-produk susu tinggi lemak, unggas, daging merah, udang, dan keju alangkah baiknya dihindari atau di batasi.

3.  Jus Buah 

Para peneliti menunjukan bahwa meminum segelas jus buah secara rutin setiap hari bisa meningkatkan resiko terkena diabetes. Bagi penderita diabetes, memakan buah secara langsung lebih disarankan daripada menyajikannya dalam bentuk jus. 

Mengonsumsi buah secara langsung akan memberikan serat atau fiber, sebab itu sangat diperlukan oleh tubuh. Jus buah mengandung karbohidrat yang tinggi. Boleh sesekali penderita meminum jus buah, tetapi, harus dibatasi dan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

4. Beberapa Buah Dan Sayuran 

Secara umum buah-buahan memang menyehatkan, akan tetapi tidak semua buah-buahan menyehatkan untuk penderita diabetes. Orang yang menderita penyakit diabetes alangkah baiknya menghindari buah-buahan yang mengandung kadar glukosa dan sukrosa yang tinggi. 

Buah seperti mangga dan stroberry bisa mengakibatkan lonjakan kadar gula darah pada penderita diabetes. Begitu pun halnya pada beberapa jenis sayuran yang kaya akan kandungan pati, contohnya kentang dan labu, itu harus dibatasi dengan hati-hati.



Sebagai penggantinya, anda bisa mengganti dengan buah yang kaya gula dengan buah dengan kandungan serat tinggi seperti apel, pir, dan raspberry. Untuk sayuran, anda dapat menggantinya dengan wortel ataupun kacang-kacangan. 


5. Minuman Beralkohol

Minuman berakohol cenderung akan meningkatkan kadar gula darah, dan konsumsi alkohol dalam jumlah tinggi bisa mengancam penderita diabetes. Keadaan hypoglycemia juga dapat terjadi apabila mengonsumsi alkohol dalam keadaan perut yang kosong. 

Selain itu, konsumsi alkohol berlebih bisa merusak fungsi liver, yang mana akan semakin menyulitkan tubuh untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

6. Goreng-Gorengan

Penderita diabetes wajib membatasi konsumsi gorengan, lebih khususnya lagi makanan yang di goreng dengan minyak terhidrogenasi, sebab kecenderungannya untuk menambah kadar kolesterol jahat dalam tubuh, dan lemak trans yang tidak sehat. 

Apabila ingin mengonsumsi gorengan, anda dapat memilih atau membuat gorengan dengan menggunakan minyak olive. Anda bisa memilih makanan sehat yang  makanan yang di kukus atau di rebus.


Selain yang disebutkan di atas, jenis makanan juga sebaiknya dibatasi apabila anda mengalami diabetes, antar lain makanan kaya sodium (contoh kecap), dan produk makanan olahan tepung (pasta,pizza, dll). Jenis makanan fast-food yang banyak di dagangkan dimana-mana sebaiknya dihindari sama sekali, sebab berbahaya bagi penderita diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar