Selasa, 28 Maret 2017

Jenis-Jenis Makanan Yang Dianjurkan Untuk Meringankan Penyakit Arthrits

Jenis-Jenis Makanan Yang Dianjurkan Untuk Meringankan Penyakit Arthrits - Arthrits adalah kondisi dimana sendi kehilangan kemampuan gerak dan kekuatannya yang disertai timbulnya rasa sakit.

Dengan bantuan obat-obatan dan fisioterapi, keluhan arthritis biasanya dapat diringankan. Tapi di samping itu, asupan makanan juga berperan penting untuk meringankan keluhan arthritis.

Diet Untuk Pasien Arthritis

Terdapat beberapa prasyarat bagi diet arthritis yang tepat. Mengikuti anjuran diet akan mendukung upaya pengobatan secara keseluruhan.

Berikut merupakan makanan yang harus dikonsumsi oleh penderita arthritis :

 1. Perbanyak Lemak baik

Kolesterol dan lemak jahat harus dihilangkan dari daftar makanan . Tetapi tidak semua lemak bersifat jahat. Lemak baik pun ada seperti Omega-3 harus dimasukan dalam daftar. Perbanyak Lemak baikempunyai efek anti-inflamasi  pada sendi.

Minyak ikan adalah sumber utama asam lemak omega-3. Selain itu, biji dan minyak biji rami juga dikenal kaya akan asam lemak ini.

Triptofa, zat sejenis lemak baik juga akan membantu memperbaiki kondisi penderita arthritis.

Triptofan bisa mengurangi rasa sakit dalam waktu singkat setelah dikonsumsi.  Kacang tanah, susu kedelai dan biji bunga matahari merupakan beberapa diantara sumber makanan kaya triptofan.

2. Makanan Pencegah Radang 

Konsumsi obat-obatan jangka panjang sebiasanya harus diminimalkan, meskipun penderita arthritis sedang sampai parah tidak dapat menghindari kebutaan akan obat-obatan. Obat-obatan antara lain digunakan untuk meredakan peradangan pada sendi.

Selain dari obat-obatan, efek anti radang (inflamasi) juga dapat didapatkan dari makanan. Bahan makanan tersebut dapat menjadi alternatif untuk mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh arthritis.

Buah-buahan dan biji-bijian seperti aprikot dan kenai efektif dalam mengontrol rasa nyeri. Selain itu, jahe kunyit dan bawangt putih juga mempunyai efek anti-inflamasi.

3. Makanan Kaya Flavanoid

Flavanoid merupakan pigmen yang memberikan warna pada buah-buahan. Substansi ini juga berfungsi membantu tanaman mencegah penyakit.

Proses penuaan dan degenerasi tubuh dapat diperlambat oleh flavanoid.

Makanan yang kaya akan flavanoid diantaranya adalah apel, kedelai, bawang, dna teh hijau.

4. Makanan Kaya Antioksidan 

Makanan yang sarat dengan antioksidan harus dimasukkan dalam diet pasien arthritis. Buah-buahan segar dan sayuran merupakan sumber antioksidan yang baik. Jeruk, brokolo, alpukat dan kembang kol merupakan contoh sumber makanan yang mengandung banyak antioksidan. Antioksidan akan membantu mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh arthritis.

5. Cukupi kebutuhan Vitamin 

Apabila kebutuhan berbagai vitamin seperti D, E, B dan kalsium tidak dapat dipenuhi dari makanan, maka suplemen dapat jadi alternatif untuk memenuhi keurangan akan substansi tersebut.

Pastikan konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengambil suplemen untuk meringankan arthritis.

Baca Juga : Manfaat Minyak Ikan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar